Kaset dan CD Sensasi Lengkap Menikmati Musik

Kaset, CD

Pernah mengalami jaman membeli kaset dan CD dari artis favorit Anda?

Ketika itu, membeli kaset dan CD adalah tahap lebih lanjut setelah mendengarkan suara sang artis di radio atau penampilan mereka di layar TV. Hasrat untuk memiliki lalu mengoleksi karya artis yang Anda sukai, lantas dipenuhi.

Waktu itu, kaset dan CD sebagai sebuah pernyataan identitas “gue ngefans.” Memiliki kaset dan CD adalah cara untuk menghafal lirik lagu. Jika hafal, maka label fans pun tersemat pada diri Anda. Apalagi kalau koleksi album yang Anda punya lengkap. Meminjam album dari teman, adalah hal biasa bagi siapa saja di masa itu. Bahkan usaha untuk merekam, menggandakan lagu, sudah terjadi.

Ada rasa yang berbeda kalau Anda memiliki album kaset dan CD. Sebab pada waktu itu, lirik lagu, disertai informasi pencipta, pemusik, dan siapa saja yang terlibat dicantumkan pada lembar booklet yang menyertai setiap album. Lembar booklet ibarat buku yang lengkap dari kaver hingga halaman akhir, cerita disajikan utuh, lagu per lagu. Dengan cara kreatif, booklet dirancang lengkap dengan gambar atau foto, sedemikian rupa ditata agar Anda menikmati setiap lagu sambil melihat foto-foto sang artis, foto di belakang layar. Jika Anda beruntung tanda tangan sang artis pun ada di album itu. 

Menikmati lagu favorit kini hadir dengan cara lebih mudah, harga relatif murah, lebih instan. Semua ditawarkan oleh online music streaming seperti spotify, joox, apple music, guvera, deezer music, dan lainnya.

Kemudahan mendengarkan musik secara online ini, mereduksi pengalaman yang Anda rasakan. Sensasi audio lengkap dengan visual hadir pada saat  Anda mendengarkan lagu di kaset dan CD. Sambil bersenandung atau pun lantang bernyanyi, rasa itu lengkap, paling tidak memuaskan Anda meski belum bisa hadir langsung pada saat konser atau pertunjukan LIVE. Sedangkan jika Anda menikmati musik secara daring, kenikmatan itu hanya audio semata, mungkin jika Anda punya banyak waktu, bisa sambil browsing website si artis, googling, atau berselancar kemana-mana.

Ya Anda bisa cepat, mudah, mendengarkan lagu. Bisa lompat ke sana sini tanpa harus urut. Memilih lagu lalu klik langsung PLAY. Anda juga bisa buat daftar lagu yang Anda sukai, meski bukan dari artis yang sama, PLAYLIST ada bermacam-macam, daftar lagu untuk lari pagi, waktu santai, sambil mengemudi di tengah hiruk pikuk Jakarta, dan semacam itu.

Tulisan ini menawarkan kepada Anda, sebuah kesadaran menikmati musik, yang dulu dihadirkan oleh kaset dan CD. Indera mata dan telinga, visual dan audio, terjalin selaras dalam alunan harmoni setiap lagu.

Apakah Anda menikmatinya ketika sedang online, atau muncul sebuah rasa yang baru saat mendengarkan musik secara online. Jangan-jangan inilah awal dari begitu mudahnya orang mengunduh secara online lagu bajakan, bukan dari sumber asli, karena tidak pernah merasakan sensasi yang lengkap itu, yang dulu ada di kaset dan CD. Itupun kalau Anda tidak membeli kaset dan CD bajakan.

Klik PLAY!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s