Akan Seperti Apa Internet di 2015?

Internet Map

Saya bertanya-tanya, seperti apa gerangan internet di 2015? Google sebagai tempat saya mencari informasi memberikan jawaban seperti ini: di 2015, lalu lintas internet di seluruh dunia akan mendekati angka 1 zettabyte setiap tahun. Satu zettabyte itu 1 x 1021 byte atau 10007 byte. Kenyataan semacam ini membuat internet benar-benar telah membuat hidup saya dan manusia di seluruh dunia XLangkah lebih maju.

Di 2015 hampir 3 milyar manusia akan menggunakan internet. Angka tersebut lebih dari 40 persen perkiraan jumlah populasi manusia di muka bumi. Secara rata-rata akan ada dua koneksi internet untuk setiap orang di dunia. Hal ini dipacu dari perkembangan perangkat mobile yang bisa mengakses web dan internet sehingga setiap pemakai telepon genggam, smartphone, tablet kini bisa XLangkah lebih maju.

Perkenalan saya dengan dunia internet masih saya ingat. Waktu itu untuk mendapatkan koneksi internet masih sulit. Belum banyak Wi-Fi, hotspot di kafe, kantor dan pusat keramaian publik. Koneksinya belum secepat saat ini. Saya menggunakan PC di rumah yang terkoneksi ke internet menggunakan modem dial-up terhubung ke fixed line (telepon rumah). Saat itu masih populer sistem operasi Windows 95. Maka dengan koneksi yang lebih cepat, lebih jelas, lebih jernih, serta internet makin mudah, dan murah (baca: terjangkau) seperti saat ini tentu dapat membuat aktivitas saya dan kita semua bisa XLangkah lebih maju.

Dampak internet memang mengubah hidup manusia. Saya menggunakan internet untuk beragam kebutuhan. Internet membuat hidup saya XLangkah lebih maju. Bagi saya, fungsi internet selain sebagai sarana pekerjaan juga menjadi sarana mencari informasi, membaca berita, berkomunikasi dengan teman melalui chatting atau berbagi info via social media seperti Twitter dan Facebook.

Social media jadi bagian pertumbuhan pesat lalu lintas data di internet. Diperkirakan di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2015 akan tumbuh lalu lintas data di internet sebesar 35 persen. Makin banyak jumlah video akan beredar, hal ini ditunjang oleh kemudahan pemakaian perangkat dengan kemampuan rekam video. Sebuah peluang bagi siapa saja untuk XLangkah lebih maju menggunakan perkembangan teknologi agar makin kreatif, dan membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain

Saya senang menggunakan internet untuk belajar. Internet ibarat perpustakaan data terbesar yang ada di muka bumi yang menyediakan data teks, gambar, foto, video, musik, buku-buku, jurnal, dengan ragam topik dan peminatan. Internet memberikan kemudahan pencarian data, dan dari sana saya bisa belajar banyak hal sesuai kebutuhan saya. Belajar tentang desain, fotografi, membangun web, belajar soal membuat program aplikasi, dan lain sebagainya. Wikipedia, Google, YouTube sudah jadi bagian hidup saya untuk menggali informasi dan belajar. Sungguh banyak manfaat internet yang membuat hidup saya XLangkah lebih maju.

Kembali ke pertanyaan saya di atas. Kira-kira akan seperti apa internet di 2015? Tentu saja saya akan menyongsong tahun 2015 dengan memanfaatkan internet bagi hidup saya agar XLangkah lebih maju.

Tetap semangat!

Tulisan ini diikutsertakan pada #XLangkahLebihMaju Blog Writing Competition

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s