Menulis Itu Mudah

Ya. Menulis itu mudah.

Anda mungkin bagian dari orang yang menyetujui pendapat saya. Mungkin juga yang menolaknya.
Untuk Anda yang menolak silahkan baca terus sampai selesai. Semoga tulisan ini membantu Anda untuk memulai menulis. Syukur jika akhir tahun, Anda sudah memiliki koleksi tulisan, di blog atau mungkin dikumpulkan pada sebuah buku personal. Untuk Anda yang telah menyetujui pendapat saya, silahkan terus juga membaca sampai habis. Mungkin saja Anda menemukan inspirasi bagi tulisan Anda selanjutnya. 

Saya akan bagikan kepada Anda. 6 hal mengapa menurut saya, menulis itu mudah.

  1. Menulis itu mudah jika Anda berlatih
  2. Berlatihlah setiap saat. Practice makes perfect. Berlatih membuat jadi sempurna.Bila ada waktu luang cobalah mengambil secarik kertas atau buku coretan Anda. Tuliskan beberapa kata, bisa yang menarik menurut Anda atau yang baru saja Anda lihat di sekitar Anda. Cobalah membuat kalimat dari kata-kata tersebut. Dari sedikit kata dan kalimat Anda sudah punya modal awal untuk menulis. Kata atau kalimat tersebut dapat menjadi tema, kata kunci, pemicu untuk kemudian Anda kembangkan menjadi sebuah tulisan. Anda rangkai, jalin agar mudah dimengerti, jelas, dan pembaca akhirnya menemukan ide, tema yang ingin Anda sampaikan. Berlatihlah agar makin mahir. Bisa karena biasa!

  3. Menulis itu mudah jika Anda membaca
  4. Membaca meluaskan wawasan Anda. Membaca koran, buku, artikel di majalah, membantu Anda mendapat ide untuk menulis. Membaca juga membantu Anda memperkaya pilihan kata, kalimat, dan gaya bahasa, bahkan Anda jadi tahu beragam jenis tulisan. Esay, feature, opini dan lain sebagainya. Tata bahasa yang baik pun bisa Anda pelajari sembari membaca, karena umumnya tulisan yang ada di koran, majalah, buku telah melalui proses penyuntingan. Makin banyak Anda membaca akan membantu Anda mudah menulis. Jadi luangkan waktu untuk membaca!

  5. Menulis itu mudah jika Anda memulainya sekarang juga
  6. Lakukan sekarang juga. Penundaan menyebabkan muncul seribu macam alasan sehingga Anda batal menulis. Ide bisa muncul kapan saja. Tuliskan langsung apa yang Anda lihat, rasakan, pikirkan, pendapat Anda, apapun yang muncul di kepala Anda saat ini. Lakukan sekarang dan lihatlah ternyata Anda punya beragam ide, tema, tulisan yang menarik.

  7. Menulis itu mudah jika Anda melihat, mendengarkan, merasakan sekitar Anda
  8. Setiap hari begitu banyak pengalaman baru di sekitar Anda. Meski rutinitas sering membuat bosan, pengalaman baru muncul setiap hari. Perjalanan Anda ke kantor, tulisan yang Anda baru saja baca pada sebuah surat kabar, anak Anda, liburan akhir tahun, mudik lebaran, pindah rumah, kisah cinta Anda, semuanya bisa Anda lihat, dengar dan rasakan. Inilah sumber tulisan Anda. Tak perlu ide, tema rumit. Sumber tulisan ada tersedia gratis di sekitar Anda, dalam kehidupan sehari-hari. Petiklah ide tulisan Anda pada taman indah kehidupan. Lihatlah lebih jeli, perhatikan detil, dengarkan teman Anda, dengar pendapat pasangan hidup Anda, listen not just hear rasakan indahnya deburan ombak di pantai, hangatnya mentari pagi, pedasnya sambal, bau harum masakan ibu di dapur, bunyi kicau burung, klakson kendaraan bermotor yang bergegas tiap pagi, celoteh humor rekan kerja. Apa saja bisa jadi bahan tulisan. Jadi pergunakanlah panca indera, perasaan Anda untuk memetik ide menulis.

  9. Menulis itu mudah jika Anda berkomitmen dan menetapkan tujuan
  10. Tetapkan tujuan Anda menulis. Ini membantu Anda berkomitmen untuk terus berlatih menulis hingga tujuan Anda tercapai. Ada banyak tujuan menulis, untuk panduan, sebagai bahan pengajaran, sekedar memberi informasi, sebuah ajakan, mempersuasi untuk menjual sesuatu, macam-macam tujuan menulis bisa Anda pilih. Tujuan membantu Anda fokus. Selain itu juga membantu Anda membuat kerangka sehingga tulisan bisa jelas terarah dan tepat sasar. Berkomitmenlah untuk mencapai tujuan Anda.

  11. Menulis itu mudah jika Anda berpikir mudah
  12. Mudah mudah mudah. Berpikirlah menulis itu mudah. Dengan berpikir mudah maka Anda bisa memulai. Lakukan saja sebab menulis itu mudah!

Beberapa link untuk membantu Anda menulis:

  • dailypost.wordpress.com
  • WordPress membantu Anda berlatih dan berkomitmen menulis. Sebuah tantangan dan peluang agar tiap hari, atau tiap minggu kita “ngeblog” menuliskan sesuatu. Ada tema dan topik yang bisa Anda pilih dan juga beberapa tips agar mudah menulis di blog.

  • rubrikbahasa.wordpress.com
  • Beberapa penulis terkenal bisa Anda temukan pada blog ini. Wawasan Anda bisa makin luas jika membaca tulisan yang ada termasuk gaya bahasa dan macam-macam tema yang menarik.

Selamat menulis! Menulis itu mudah!

Posted with WordPress for BlackBerry.

5 thoughts on “Menulis Itu Mudah

  1. Sejak tuliSanku di SD dibilang bagus ama guruku….
    AlhaSiL, #MENULIS# adalah hobiku yang tak akan pernah terpiSahkan daRikuw, Ndre….

    TernYata ada juga temen yang suKa nuLis & ngeBloG…

    WeLcome, AndRe….. maRi kita saLing Share & berBagi …..

  2. Aku ingin menulis! *menulis akan mudah jika anda mulai menulis sekarang juga*, pling suka poin ini,,🙂, slam kenal,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s