Jamu Gendong

Saya punya kebiasaan meminum jamu sebelum berangkat beraktivitas. Jamu gendong adalah langganan saya. Kebiasaan ini ditularkan orang tua saya. Saya biasanya minum Paitan. Jamu berwarna hitam ini, saya minum untuk mencegah tingginya kadar gula. Rasanya pahit sepahit warnanya legam hitam.

Selain paitan saya juga biasanya mencampurkan paitan, kunyit dan kencur. Rasanya nikmat, diikuti sendawa, apalagi setelah itu saya minum jahe.

Saya tuliskan sedikit beberapa bahan baku jamu yang merupakan rempah-rempah, diantaranya:

  • Ginger (Zingiber Officinale)
  • Lempuyang (Zingiber Oronaticum)
  • Temu Lawak – Wild Ginger (Curcuma Cautkeridza)
  • Kunyit Tumeric (Curcuma Domestica)
  • Kencur – Greater Galingale
  • Lengkuas – Ginger Plant (Elpina Galanga)
  • Bengle (Zingiber Bevifalium)
  • Secang (Caesalpinia Sappan)
  • Sambang Dara (Rexco Ecaria)
  • Brotowali (Tinospora Rumpii)
  • Adas (Foeniculum vulgare Mill)
  • Jeruk Nipis – Calamondin (Citrae Aurantifalia Sivingle)
  • Ceplukan (Physalis angulata)
  • Nyamplung (Calophylum)
  • Kayu Manis Cinnamon
  • Melati – Jasmine
  • Alang-alang (Imperata cylindrica)

Jamu Gendong, hanya satu di antara keragaman jenis jamu yang ada di lndonesia. Jamu juga bisa ditemukan di supermarket, dijajakan di kios atau warung, bahkan toko obat. Jamu di Indonesia dikategorikan obat tradisional.

Mari minum jamu agar ikut melestarikan tradisi bangsa juga turut mengenal rempah-rempah kekayaan Indonesia. Selain itu menjaga kesehatan diri sendiri.

2 thoughts on “Jamu Gendong

  1. ibu jamunya udah tua tapi tetep kuat…pasti gara2minum jamunya sendiri…

    kalo badan lagi ga fit,,,q juga minum jamu,,,tapi kunir asem sama beras kencur aja…hehehe

Leave a Reply

