5 Alasan Mengapa Elemen Visual Penting Tampil di Blog

Jika kita lihat beberapa blog yang populer memiliki hit, komentar, dan pengunjung yang banyak, ada beberapa hal yang mereka miliki yaitu tulisan, posting yang spesifik dan penulisnya yang memiliki ketertarikan kuat pada materi tulisannya. Selain itu juga para penulis tersebut menampilkan elemen visual, entah foto atau gambar pada tulisan mereka. Berikut ini 5 alasan mengapa elemen visual penting tampil di blog?

Menurut saya,

  1. Elemen visual bisa sebagai pokok cerita, tulisan. Tanpa kata-kata yang banyak, foto bisa menceritakan ide kita dengan lebih baik. Contoh foto berjudul “Melintas” di bawah ini. Nampak di kejauhan seseorang melintas jembatan jalur kereta di dekat Tol Cipularang dari arah Jakarta menuju Bandung.
  2. Elemen visual sebagai pendukung dan pelengkap tulisan. Foto bunga Anggrek di bawah ini misalnya akan bermanfaat memberikan informasi lengkap soal warna, jumlah kelopak bunga, dan seterusnya.
  3. Elemen visual memberikan sarana bagi pembaca untuk lebih memahami ide yang ingin disampaikan pada tulisan. Daripada sekedar menulis work smart, lebih menarik perhatian jika ditampilkan seperti ini. 
  4. Elemen visual sebagai oase di lautan kata-kata. Kata-kata yang banyak sering membuat mata jadi letih dan tulisan menjadi tidak menarik lagi. Pancing pembaca masuk kepada tulisan dengan menampilkan foto atau gambar. Bisa juga ditampilkan visualisasi yang menarik  seperti kartun, karikatur, clip art. Angka-angka dan data yang rumit bisa tampil menarik dengan tabel atau grafik.
  5. Elemen visual bisa memberikan suasana dan mempengaruhi mood pembaca. Misalnya foto saya, sebuah foto landscape berjudul “Morning Sunrise at Bromo” memberikan suasana tersendiri. Kesan hening dan menggugah secara spiritual bisa muncul dengan menampilkan foto ini.

    Morning sunrise at Bromo

Sumber elemen visual bisa ditemukan banyak sekali di internet. Bahkan beberapa situs memberikan link yang siap pakai untuk diletakkan di blog. Hanya perlu copy paste saja.

Nah, tunggu apalagi. Mari perkuat tulisan dengan menampilkan elemen visual. Selamat menulis!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s