TED: Ideas Worth Spreading

Selain Youtube saya senang nonton video di TED.com. Perkenalan saya dengan TED berawal dari melihat video presentasi James Nachtwey. James Nachtwey adalah seorang fotografer jurnalistik yang terkenal. Pada video tersebut James memberikan presentasi dalam rangka menerima hadiah dari TED atas karya foto jurnalistiknya. Perkenalan awal ini membawa saya semakin asik nonton video-video dari TED yang bisa saya temukan TEDTalks.

TED adalah singkatan Technology, Entertainment, Design. TED merupakan lembaga kecil nirlaba yang mengadakan konferensi tiap tahun dengan satu visi Ideas worth spreading. TED percaya “there is no greater force for changing the world than a powerful idea.”

Pada konferensi tersebut diundang pembicara-pembicara berupa pemikir dan pelaku dari berbagai kalangan. Mereka adalah smartest thinkers, greatest visionaries and most-inspiring teachers. Mereka ditantang untuk berbicara, bercerita tentang ide mereka dan kehidupan mereka dalam waktu 18 menit.

Jika Anda nonton video yang ditayangkan di TED.com atau via Youtube, Anda dapat memperoleh pesan yang kuat bagaimana ide-ide bisa membawa perubahan cara pandang dan pikir sebuah persoalan dan tentu memberikan solusi bagi kehidupan lebih baik.

TED.com Website

Sejak 1984, perkembangan TED  di seluruh dunia makin meluas. Video para pembicara di TED Conference maupun TEDGlobal Conference bisa ditonton secara gratis dalam berbagai topik. Topik yang dibawakan pun sudah berkembang tidak lagi Technology, Entertainment, Design, tetapi juga bicara sains, bisnis, ekonomi, dan isu global.

Kalo di Amerika dan Inggris ada TED Conference dan TEDGlobal Conference, di Jakarta juga ada TEDx Jakarta. Huruf x sesudah nama TED adalah tanda bahwa acara yang diselenggarakan bersifat independen (*lihat video Chris Anderson, Kurator TED).

Logo TEDxJakarta

TEDx Jakarta mengadakan pertemuan-pertemuan dengan program nonton bareng video yang sumbernya diambil di TED.com dan menghadirkan pembicara para pemikir dan pelaku dari Indonesia. (*Lihat video Yoris Sebastian sebagai pembicara di TEDx Jakarta)

Hadir di acara seperti TEDxJakarta atau nonton video para pembicara di TED Conference adalah suatu pengalaman menyenangkan karena bisa belajar hal baru, memberi inspirasi dan pengetahuan, semacam minum vitamin dan makan makanan bergizi yang menyehatkan. Bagi saya, ide-ide yang disebarluaskan sungguh mencerahkan, dan membuka pikiran.

Saya mengutip beberapa testimoni para peserta yang hadir pada konferensi TED seperti tertulis di TED.com,

“Truly an amazing experience.”
— Joshua Prince-Ramus, architect

“It was INCREDIBLE. I had a wonderful time and met a thousand fascinating people.”
— Malcolm Gladwell, author

“At each TED conference something important happens to me: a new business, a new friend. I return exhilarated.”
— Nicholas Negroponte, director emeritus & co-founder, MIT Media Lab

Saya setuju ide-ide memang perlu disebarluaskan. Ini semua demi perwujudan dunia dan masa depan hidup manusia yang lebih baik.

Yuk nonton video di TED.com dan datang ke acara TEDxJakarta.

Sampai jumpa!

Follow TEDxJakarta on Twitter.

6 thoughts on “TED: Ideas Worth Spreading

  1. terima kasih atas preview-nya tentang TED. Meskipun belum sekalipun saya menghadiri secara langsung komuitas TED, tapi saya sangat yakin bahwa semua perubahan di dunia, baik kecil maupun besar, diawali dari sebuah ide dan bagaimana ide itu disampaikan kepada khayalak banyak. Saya sangat setuju dan ingin sekali menghadiri TEDxBandung di fakultas SBM kampus ITB sabtu akan datang. Saat ini, saya juga sedang menggeluti bidang public speaking, yaitu salah satu media menyampaikan ide.

    salam kenal, ikhwan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s