Ikuti Aku Guys!

Ikuti aku guys! ujar seorang anak perempuan sambil setengah berlari di sebuah mal di Jakarta. Anak perempuan ini melintas di samping saya, berhenti sebentar dan menoleh ke belakang melihat teman-temannya.

Mendengar kata-katanya, saya kaget menahan senyum. Apa sebab? Karena anak perempuan -saya tebak berusia sekitar 6 tahun- ini sudah campur aduk dalam berbahasa.

Bagi saya berbahasa campur aduk semacam itu tidak tepat. Bahasa Indonesia campur Bahasa Inggris atau sebaliknya sering kita jumpai dalam percakapan atau pemakaian bahasa sehari-hari.

Contoh lain baru-baru saja saya temui pada sebuah spanduk promosi kawasan perumahan baru di daerah Jakarta Selatan. Pada spanduk tersebut ada kalimat seperti ini “Harga Only 200 juta” Astaga!

Kondisi semacam ini perlu diperbaiki dan menjadi perhatian kita bersama. Apalagi para orang tua wajib memberikan penjelasan mengenai berbahasa yang baik dan benar. Kalau mau pakai Bahasa Indonesia pakailah dengan baik dan benar. Begitu pula jika ingin berbicara Bahasa Inggris. Jangan campur aduk.

Leave a Reply

