Belajar dan Mengajar Memanfaatkan Internet

Do you have a facebook?

Seorang teman cerita, dia pernah ditanya seorang anak kecil, masih usia SD. Pertanyaannya begini, “Om… Om… punya facebook ga? Aku boleh add ya!” Pria teman saya ini agak kaget lantas bergumam dalam hati “Wah hebat ya dia sudah punya facebook”

Cerita singkat di atas menunjukkan suatu pengalaman bahwa kini interaksi anak-anak sudah sedemikian rupa dengan internet. Pertanyaannya, apakah itu saja aktifitas yang bisa dilakukan melalui internet, apakah sekedar facebooking, browsing, update status di twitter, cek e-mail atau chatting?

Kemampuan internet lebih dari itu semua. Internet telah menjadi bagian dunia pendidikan sebagai sarana belajar dan mengajar. Guru dan murid bisa saling belajar dan mengajar memanfaatkan internet.

USB modem attach to notebook

Akses internet kini makin mudah dijangkau dengan kapasitas tidak terbatas. Sejumlah operator selular sudah menawarkan layanan akses internet, saling berlomba paling murah, makin tidak terbatas. Internet bisa diakses via telepon selular, dan menggunakan modem internet.

Netbook

Di beberapa sekolah juga sudah tersedia perangkat notebook atau PC dan akses internet. Bahkan ada juga sekolah menyediakan warnet (warung internet). Selain itu perkembangan sarana perangkat notebook, dan kini populer juga netbook sudah semakin pesat. Netbook selain ringan juga lebih mengedepankan fungsi browsing dan pekerjaan ringkas agar pemakainya bisa leluasa bekerja, bermain, belajar. Penting dicatat, harga perangkat tersebut sudah semakin murah dan terjangkau.

Guru di jaman ini diwajibkan belajar bagaimana bisa memanfaatkan internet sebagai sarana pendidikan. Misalnya dengan belajar membuat blog, menulis di ensiklopedia online seperti wikipedia, membuat akun e-mail, mencari bahan ajar, dan membuat presentasi multimedia sebagai sarana pengajaran. Bahkan internet bisa dijadikan sarana menguji murid secara on-line.

Let's connect to the internet

Murid pun bisa memanfaatkan internet. Misalnya mencari bahan pekerjaan rumah, membaca e-book, melihat referensi tambahan di wikipedia, menulis blog sebagai sarana latihan menulis, dan masih banyak lagi.

Internet juga sudah dimanfaatkan misalnya sebagai sarana menjadwalkan kelas dan menata mata pelajaran termasuk melihat hasil nilai ujian dan tugas secara online.

Pada dasarnya, internet bisa membantu guru dan murid. Internet sama seperti pisau. Bisa dijadikan alat bantuan, atau alat kejahatan. Semua tergantung siapa menggunakan internet.  Kata kuncinya di sini adalah belajar. Maukah guru dan murid sama-sama belajar lagi memanfaatkan internet agar membantu proser belajar dan mengajar di kelas.

Ke depan makin banyak perangkat komputer makin pintar dan canggih. Akses internet bisa dengan mudah dan murah. Saatnya murid dan guru di Indonesia ditantang memanfaatkan sarana Internet. Semoga peringkat no.2 soal kejahatan di internet yang diraih Indonesia bisa hilang dari daftar tersebut dan tergantikan menjadi penghargaan dan peringkat penemuan terbaru berkat internet. Murid dan guru sama-sama belajar, makin kreatif dan makin pintar berkat internet.

Mari Online!

Beberapa link yang perlu:

3 thoughts on “Belajar dan Mengajar Memanfaatkan Internet

  1. Kalau berniat yang benar…maka internet adalah guru yang super jenius…semua materi dan ilmu pengetahuan hampir tidak ada yang ” tidak tersedia” di internet….sayang sekali bagi pengguna internet yang hanya berkecimpung di hal2 yang tidak bermanfaat serta membuka situs2 yang menjerumuskan pada hal2 maksiat…

    Silahkan jika ada kesempatan, jalan2 ke blog saya…
    http://bidansmart.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s