Mbah Surip, Mbah Kreatif Lintas Generasi

Generasi kreatif adalah orang-orang yang bekerja dengan gairah, setia dan berkelanjutan.

Pria kelahiran Tahun 1949 ini, yang kemudian dikenal secara populer dengan nama Mbah Surip, adalah contoh kecil orang-orang yang hidup dengan gairah. Gairah bermusik. Gairah berkesenian. Gairah sebagai orang kreatif.

Lihat saja pengalaman hidupnya. Pernah bekerja sebagai profesional di industri pertambangan, bahkan mengadu nasib di luar negeri. Soal pendidikan pun Mbah Surip adalah “tukang” Insiyur ditambah lagi bergelar Master of Business Administration (MBA).

Penampilannya jauh dari kesan pria intelektual, “white collar”  atau eksekutif bisnis di Jakarta. Rambutnya gimbal, menyandang gitar, lebih sering naik motor atau diantar ojek, dan ketawanya Hahaha, sambil membuka lebar-lebar kedua mulutnya dikelilingi keriput wajah marka usia.

Lagu berjudul  Tak Gendong yang ia ciptakan 1983 tidak langsung meraup rupiah. Memang demikianlah Mbah Surip lantas dikenal di mana-mana, diundang stasiun TV, “manggung” di pentas-pentas musik. 2009 ini, Mbah Surip dan Tak Gendong adalah sebuah fenomena hidup. Contoh orang yang setia berkarya meski pada suatu masa belum laku atau tidak sesuai “selera pasar”

Ring back tone (RBT) Tak Gendong berhasil menerobos angka miliaran rupiah sejak 2009. Ini adalah sebuah makna bahwa kesetiaan akan menghasilkan buah yang manis, meski manisnya hanya melintas sebentar di kancah musik tanah air.

Gairah kreatifitas yang terus-menerus dilakukan oleh pria kelahiran Mojokerto, Jawa Timur ini memberikan inspirasi bahwa kata kreatif lintas usia, “ageless” , lintas generasi.

Meski hanya melintas sebentar di antara selebritis Indonesia, Mbah Surip meminta kita merefleksikan makna “belajar salah” melalui lagu Tak Gendong dan selalu mengajak kita tertawa HA HA HA…!!!

Selamat jalan Mbah Surip. Rest in Peace!


~ In memoriam Urip Ariyanto “Mbah Surip” 4 Agustus 2009 ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s