Menarilah dan Terus Tertawa


Menarilah dan terus tertawa walau dunia tak seindah surga.

Kalimat di atas dikutip dari syair lagu berjudul Laskar Pelangi. Lagu tersebut dinyanyikan oleh NIDJI, sebuah soundtrack film berjudul sama, Laskar Pelangi. Laskar Pelangi adalah novel laris karya Andrea Hirata mengisahkan perjuangan hidup 10 anak Belitung dan juga pejuang pendidikan seperti tokoh Ibu Guru Muslimah dan Pak Harfan selaku kepala sekolah Muhammadiyah di Desa Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Film Laskar Pelangi mendapat tanggapan baik di masyarakat. Termasuk saya dan teman-teman. Ceritanya bergizi dan menyentuh. Bertutur lugas tanpa kedok membangkitkan semangat meraih mimpi. Menarik menyaksikan bagaimana sekolah Muhammadiyah disajikan secara visual oleh Riri Riza sang sutradara. Sekolah Muhammadiyah adalah sekolah sederhana, reot, yang juga dijadikan kandang kambing. Di dalam kelas itu terdapat peta Indonesia yang sudah tak layak pakai, compang-camping. Ini tanda betapa pendidikan di negeri kita pun belum diperhatikan baik. Betapa saya teringat sekolah saya ketika itu masih jauh lebih baik, saya bersyukur pada Yang Kuasa. Banyak nilai dan hal positif yang diraih ketika nonton film Laskar Pelangi. Patutlah jika anak-anak jaman sekarang diberi tayangan bergizi macam ini.

Meski kondisi yang kurang baik, 10 anak Belitung ini terus menari. Terus tertawa. Sesuatu yang makin langka ditemukan di sudut kota metropolitan. Gairah dan semangat anak-anak ini patut menjadi pemacu kita untuk terus hidup. Terus berjuang dan memiliki harapan walau dunia tak seindah surga. Terus bermimpi lantas berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya…  Ah… sungguh indah.

Mari menari. Mari tertawa. Mari berlari! Sampai kita berjumpa diujung kaki pelangi!

————

Trailer Film

http://www.youtube.com/watch?v=fFZVM8EDbKA

Laskar Pelangi di Kick Andy

http://www.youtube.com/watch?v=WK8pVwA-Zak

Nidji – Laskar Pelangi

http://www.youtube.com/watch?v=FwlKSKdsLG4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s