Mengurus Sendiri Perpanjangan SIM C KTP Bekasi

Gara-gara SIM C saya sudah kadaluarsa maka harus segera diperpanjang agar saya bisa naik motor lagi dan SIM C tidak mati. Kalau mati malah repot harus urus SIM C baru.

Sebelum mengurus perpanjangan SIM C,  saya sudah menimbang-nimbang apakah akan mengurus melalui layanan SAMSAT Keliling DKI Jakarta atau pergi ke kantor polisi di Kota Bekasi. Menurut pengalaman teman, pelayanan SAMSAT Keliling di DKI Jakarta mudah dan cepat, plus murah tanpa urusan berbelit-belit. Saya ingin coba pengalaman itu, namun mengingat saya ber-KTP Bekasi maka niat itu saya urungkan. Saya tidak yakin juga apakah SAMSAT Keliling bersedia menerima perpanjangan SIM C saya yang ber-KTP Bekasi.

Segera pagi itu saya meluncur menggunakan motor menuju Kota Bekasi. Tempat tujuan saya adalah kantor polisi, POLRES Bekasi. Letaknya di Jl.Pramuka No.79 di depan alun-alun kota Bekasi. Sampai di sana cari parkir. Tidak usah takut tidak ada tempat, karena banyak ruang halaman ruma sekitar polres dijadikan lahan parkir.

Setelah parkir, saya ditawari jasa beberapa calo. Niat mengurus sendiri perpanjangan SIM C mampu mengalahkan tawaran-tawaran calo itu.  Saya lantas masuk ke halaman polres dan bertanya lokasi pengurusan SIM.

Letak area pengurusan SIM ada di area belakang polres. Baca beberapa petunjuk dan tanyakan lokasi pada pak polisi berseragam, jangan tanya kepada orang-orang berpakaian biasa karena mungkin saja calo.

Saya lantas ikut antri, ambil formulir, bolak-balik sana sini mengurus perpanjangan SIM C.

Berikut ini beberapa hal yang penting diperhatikan saat perpanjangan SIM C:

  1. Uruslah pada pagi hari.  Pagi hari tidak terlalu ramai meskipun sudah antri dan kita bisa menunggu lebih lama tidak terburu-buru.
  2. Siapkan dokumen yang diperlukan. Fotokopi KTP sejumlah 4x (perpanjangan SIM) dan 6x (pembuatan SIM baru)
  3. Awali proses dengan tes kesehatan. Istilah saya ini tes kesehatan “super kilat” Kenapa begitu? Karena pada saat tes kesehatan, kita ditanya berapa berat badan dan tinggi tubuh. Jika sudah berkacamata, kita tidak dites lagi minus berapa, hanya dilakukan tes buta warna saja. Biaya tes kesehatan di poliklinik adalah Rp.22.000. Poliklinik letaknya di belakang area pengurusan SIM dekat dengan kios fotokopi.
  4. Setelah proses tes kesehatan “super kilat” kita menuju ke loket asuransi. Biaya asuransi senilai Rp.30.000.
  5. Sesudah bayar biaya asuransi, kita ke loket bank membayar biaya perpanjangan senilai Rp.60.000,. Jika kita membuat SIM baru dikenai biaya Rp.75.000. Kita akan diberikan formulir setelah bayar.
  6. Sekarang tiba saatnya pengisian formulir. Formulir bisa diambil di loket 1. Perhatikan isian yang diminta dan isi lengkap.
  7. Periksa lagi formulir, apakah semua sudah terisi. Jika sudah, kita antri di loket perpanjangan/pembuatan SIM baru. Serahkan formulir, bukti pembayaran, tes kesehatan, asuransi,  dan fotokopi KTP serta SIM kadaluarsa ke petugas di loket.
  8. Tunggu panggilan foto. Perhatikan nama kita dipanggil sebaiknya jangan pergi keluar area agar kita berada ditempat ketika dipanggil. Pengalaman saya, sekitar 20 menit, kita sudah dipanggil untuk foto.  Proses foto adalah proses terakhir karena setelah proses ini, SIM sudah bisa diambil. Jika kita membuat SIM baru maka ada proses ujian. Saya tidak mengamati jelas apa saja ujian yang dilakukan, rasanya ada 2 yaitu ujian tertulis dan praktek.
  9. Jika SIM sudah bisa diambil, setelah nama kita dipanggil lagi, segera ke loket pengambilan kartu asuransi.

Biaya Perpanjangan SIM

  • Tes kesehatan Rp.22.000
  • Asuransi Rp.30.000
  • Formulir dan biaya perpanjangan Rp.60.000
  • Total Rp.112.000

Jika via calo di area tersebut sekitar 200 ribu, kalau via calo yang tinggal telp dari rumah sekitar 350 ribu.

Kesimpulannya, mudah kok, asal mau sabar, antri, siap dengan dokumen-dokumen yang diperlukan dan yang penting saya bisa hemat biaya karena lebih murah daripada via calo.

Salam!

About louiciano
Digital Media, Graphic & Multimedia Design, Art & Technology, Photography, Choral Music, Travelling, Movie. Loved by God through His creation @vyanimanao

12 Responses to Mengurus Sendiri Perpanjangan SIM C KTP Bekasi

  1. The Petarung says:

    Info menarik :mrgreen:

  2. Tura50 says:

    Nais info, gan
    Kebetulan minggu dpn ane mw memperpanjang sim c
    Tq

  3. Pas nih sy mo perpanjang sim, thanks infonya :-)

  4. aryadi says:

    Klo biaya keterlambatan pengurusan SIM C Bekasi itu dendanya brp ya?!
    saya sepertinya terlambat kurang dari 1 minggu.

    saya tanya ke teman, klo SIM yang di Jakarta keterlambatan kurang dari 1 minggu tidak dikenakan biaya keterlambatan.

    Tp bagaimana dengan keterlambatan di Bekasi, berapa ya biaya keterlambatannya.

  5. Firdaus says:

    Berapa lama waktu yang diperlukan dari awal sampai akhir.

  6. dsuhendra says:

    thanks infonya gan

  7. advira says:

    siang mas, maaf saya mau bertanya dan minta info nya sedikit. saya mau urus perpanjangan sim c bekasi , tetapi KTP bekasi saya sudah hangus krna sy pindah wilayah jkt (ikut suami). bagaimana ya klo sy akan mengurusnya sendiri, apakah bermasalah krna hanya ada copy ktp bekasi saja.trims

  8. Tirta Baker says:

    ada samsat keliling ga c di bekasi

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,011 other followers

